Ada sedikit perombakan forum bisnistube.com
Jika anda tidak bisa login, mohon minta password baru ke https://bisnistube.com/index.php?action=reminder atau hubungi admin

Author Topic: Investasi Saham  (Read 657 times)

Dewi Irawan

  • Posts: 16
    • View Profile
Investasi Saham
« on: December 08, 2013, 09:21:10 AM »
Investasi saham untuk trading saham—yang tidak tidak sering cuma memercayakan isu serta memakai margin yang tinggi. Pasti investasi jenis sejenis itu terang tak dianjurkan. Tak hanya berisiko tinggi, dapat buat jantungan serta meneror keharmonisan rumah tangga. Investasi saham yang disebut yaitu investasi yang dikerjakan dengan terarah, dihitung berdasar valuasi yang baik, serta direncanakan dengan masak. Saya lebih merekomendasikan pendekatan fundamental serta periode panjang, bukan hanya short-term trading serta spekulasi.

Mengawali investasi saham serupa dengan mengawali investasi reksadana. Anda mesti buka rekening di sekuritas terlebih dulu sebelum saat dapat bertransaksi ( komplitnya dapat dipandang disini). Yang membedakan pada broker/sekuritas yang satu dengan yang lain umumnya pada type service yang didapatkan, cost yang dibebankan pada investor, serta pada kemampuan modal (MKBD) yang dipunyai. Serupa seperti buka rekening reksadana, Anda bakal disuruh untuk isi formulir, buka rekening dana investor (RDI), mempersiapkan foto copy jati diri, NPWP, serta berkas-berkas yang lain. Sesudah rekening saham Anda aktif, umumnya 3×24 jam, barulah Anda dapat menyetor dana (deposit) serta mulai lakukan transaksi saham.

Akhir-akhir ini, banyak broker/sekuritas berikan service on-line trading yang murah serta gampang dibuka dari manapun. Anda dapat juga mengawali investasi dengan modal awal yang cukup rendah, dimulai dari Rp 5-10 juta—walaupun pilihannya jadi lebih terbatas. Untuk pemula, umumnya saya anjurkan untuk menentukan saham-saham blue chip (LQ45) yang solid.

Bila tetap bingung, Anda dapat mengikuti (mirroring) dari reksadana saham. Ambillah satu diantara reksadana saham yang kemampuannya bagus, download prospektusnya, tengok komposisi isi perutnya, lalu belilah saham-saham itu sesuai sama preferensi serta sikon Anda. Meskipun berisi lebih berbasis historical data serta cuma meng-cover top holding saja, namun sekurang-kurangnya info ini dapat berikan Anda sedikit ‘clue. ’

Berdasar pengalaman dari sebagian client saya, sepanjang Anda tak menentukan saham abal-abal maka kemampuan investasi Anda bakal cukup memuaskan—jauh diatas bunga deposito. Untuk mereka yang lebih advanced, saya umumnya merekomendasikan cara valuasi yang lebih kompleks untuk lihat (spotting) saham-saham yang tetap murah serta mempunyai upside potential bagus.