Slot Iklan/Banner di Semua Halaman Tersedia, Kontak Kami

Author Topic: Cara Mempercepat Performa Komputer untuk Pengguna Windows 10  (Read 147 times)

puapitad27

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
    • View Profile
Cara Mempercepat Performa Komputer untuk Pengguna Windows 10 - Komputer lambat adalah sebuah siksaan batin tersendiri. Tak hanya ingin membantingnya, kelambatannya bahkan membuat kamu ingin melahap orang di sebelahmu. Santai saja.

Jika kamu pengguna Windows 10, ada beberapa cara mempercepat performa komputer kamu meningkat terlepas dari spesifikasi hardware yang memang rendah. Sudah diuji kok dan memang komputer menjadi lebih cepat. Hanya saja, kemungkinan besar trik ini hanya berlaku untuk pengguna Windows asli. Jadi jangan berharap banyak bagi para pengguna crack.

1. Ubah power setting-mu dari yang balanced atau saving power, menjadi high performance

Kamu bisa mengaturnya dengan menekan logo baterai yang ada di taskbar-mu.

2. Matikan program-program yang berjalan otomatis saat startup

Cukup menekan Ctrl + Alt + Del dan memilih Task Manager. Setelah itu pilih Startup dan ubah menuju disable aplikasi yang sekiranya memiliki dampak besar memperlambat komputer dan sekiranya tak kamu butuhkan.

3. Matikan Windows tips and tricks

Masuklah ke setting lalu pilih System > Notifications & Actions. Cek ke bawah dan matikan “Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows.”

4. Matikan OneDrive dari sinkronisasi otomatis

Jika kamu menggunakan Microsoft bersistem OneDrive, kamu akan menemui logo awan di taskbar-mu. Klik kanan dan pilih “Pause syncing” untuk 2 jam, 8 jam atau 24 jam, terserah kamu. Jika kamu ingin mematikannya total, pilih Setting > Account. Klik “Unlink this PC,” lalu “Unlink account.”

5. Matikan index pencarian

Ketik services.msc di kotak pencarian Start Menu. Pilih Services. Cek ke bawah hingga menemukan Windows Search. Klik dua kali dan klik stop. Setelah itu restart komputer. Pencarianmu akan menjadi lebih lambat tapi performa komputermu menjadi lebih cepat.

6. Bersihkan harddisk-mu dari data-data lama yang tidak lagi kamu butuhkan

Hal ini bisa dilakukan secara manual, tapi ada juga cara otomatis. Pergilah ke Settings > System > Storage. Di layar ini, akan ada pilihan menyalakan Storage Sense. Pilih nyalakan. Nantinya komputermu akan secara otomatis membuang data yang tak pernah kamu sentuh, seperti data yang ada di Recycle Bin.

7. Bersihkan registry-mu

Gunakan saja aplikasi pihak ketiga, seperti Auslogics Registry Cleaner yang gratis ini di http://180.215.14.104/ ini
8. Matikan bayangan, animasi dan efek visual yang otomatis berjalan

Ketik sysdm.cpl di kolom pencarian. Pilih tabulasi advanced dan pilih di kolom performance. Kamu bisa memilih adjust for best performance untuk langsung mematikan segalanya. Tapi jika mematikan beberapa saja, pilih custom. Yang direkomendasikan untuk dimatikan adalah:

•   Animate controls and elements inside windows
•   Animate windows when minimizing and maximizing
•   Animations in the taskbar
•   Fade or slide menus into view
•   Fade or slide ToolTips into view
•   Fade out menu items after clicking
•   Show shadows under windows

9. Jalankan Windows troobleshooter untuk mengetahui file dan shortcut yang tidak lagi kamu gunakan

Pilih control panel dan pilih System and Security > Security and Maintenance > Troubleshooting > Run maintenance tasks. Akan ada layar bertuliskan "Troubleshoot and help prevent computer problems," pilih next.

10. Awasi komputermu lewat performance monitor untuk melihat apa yang melambatkan komputermu

Ketik perfmon /report di kolom pencarian (pastikan ada spasi di antara perfmon dan /report) dan tekan enter. Nantinya Resource and Performance Monitor akan berjalan dan menampilkan informasi mengenai sistemmu.